Tips dan Trik SEO untuk Pemula Agar Di Halam Pertama Mesin Pencari


Optimisasi mesin pencari (SEO) bisa mudah bisa juga tampak rumit.  
Tapi itu karena kadang-kadang. Di antara pembaruan algoritme Google dan perubahan perilaku pencari dan teknologi pemasaran, ada begitu banyak komponen bergerak yang memandu strategi SEO Anda.

Tips dan Trik SEO

Namun, bahkan pemula dapat mengikuti tips dan trik SEO sederhana untuk meningkatkan peringkat halaman mereka pada halaman hasil mesin pencari (SERP).

‌Dari meningkatkan komponen halaman web mereka hingga mendaftar untuk platform analitik SEO yang kuat, pemula dapat dengan mudah menggunakan teknik dan alat yang sama dengan pakar SEO.
Berikut adalah sembilan tips SEO yang perlu digunakan pemula untuk mendapatkan lompatan awal pada tahun 2019.

1. Kata Kunci Penelitian
Penelitian kata kunci atau keyword sangat penting untuk memahami SEO situs Anda dan juga situs pesaing Anda. Namun, untungnya, Anda tidak perlu menjadi guru SEO untuk mengetahui kata kunci yang digunakan.  

Sumber daya terbaik Anda adalah memanfaatkan alat penelitian kata kunci atau keyword.
Tekhnik Dasar White Hat SEO
Alat yang Gratis dan Berbayar
Ada begitu banyak alat SEO gratis , serta beberapa yang berbayar , yang dapat memandu Anda melalui setiap langkah meneliti kata kunci yang ingin Anda targetkan. Sebagian besar alat SEO menawarkan versi gratis dan versi berbayar.

Opsi gratis biasanya memiliki batasan, seperti hanya sejumlah pencarian kata kunci per hari, sedangkan tingkatan berbayar menyertakan lebih banyak fitur untuk setiap alat.

Salah satu alat penelitian kata kunci terbaik adalah SEMrush. Ini menunjukkan kepada Anda statistik penting yang perlu Anda pertimbangkan ketika membangun daftar kata kunci yang ditargetkan, seperti volume pencarian bulanan dan biaya per klik untuk setiap kata kunci. Anda juga dapat melihat daftar kata kunci terkait untuk frasa yang Anda cari untuk mendapatkan ide konten.

Proses 1-2-3
Sederhanakan pendekatan riset kata kunci Anda sebanyak mungkin. Proses Anda harus diringkas menjadi tiga langkah sederhana.

1. Pembeli Persona Research
Cara terbaik untuk melakukan penelitian kata kunci Anda adalah dengan memulai dengan persona pembeli Anda dalam pikiran.Pertimbangkan pertanyaan apa yang mereka masukkan ke mesin pencari.
Sebutkan poin dan tujuan utama mereka, kemudian teliti kata kunci dan frasa yang berhubungan dengan mereka yang Anda tambahkan ke daftar kata kunci Anda.

2. Daftar Kata Kunci
Cukup daftarkan sebanyak mungkin kata kunci dan permintaan pencarian yang dapat Anda bayangkan dengan persona pembeli Anda, kemudian tambahkan informasi penelitian penting sehingga Anda dapat memprioritaskan kata kunci Anda.
Anda dapat membangun gagasan konten berdasarkan kata kunci yang selaras dengan minat pembeli ideal Anda dan kata kunci yang memiliki keseimbangan volume pencarian dan tingkat kesulitan peringkat yang baik.

Moz Keyword Explorer adalah alat penelitian kata kunci yang sangat baik. Mereka menggunakan sistem unik untuk menilai tingkat kesulitan (0 hingga 100) untuk menunjukkan betapa sulitnya bagi Anda untuk mengungguli pesaing Anda di halaman pertama.

Skor prioritas, yang juga terdaftar sebagai 0 hingga 100, menggabungkan metrik lain (seperti rasio klik-tayang organik) untuk menunjukkan seberapa banyak prioritas yang diperlukan kata kunci dalam strategi Anda.Semakin tinggi skor prioritas Anda, semakin dekat Anda ke sweet spot volume pencarian tinggi, RKPT organik, dan kesulitan rendah.

3. Strategi Konten
Akhirnya, Anda dapat bertukar pikiran ide-ide rinci untuk artikel blog, whitepaper, webinar, dan setiap konten lainnya yang dapat menarik dan melibatkan audiens target Anda.
Untuk setiap konten yang Anda terbitkan, ingatlah kata kunci target. Dengan cara ini, Anda dapat mengoptimalkan konten itu untuk kata kunci, memberi Anda peluang peringkat yang lebih baik untuk permintaan itu.

2. Memata-matai Pesaing Anda
Pakar SEO memahami nilai bersaing dengan pesaing mereka. Tetapi ini membutuhkan lebih dari sekadar membaca blog mereka dan mengikuti mereka di media sosial.

Berinvestasi dalam alat analisis persaingan yang tepat adalah langkah pertama terbaik yang dapat Anda ambil. Misalnya, jika Anda menggunakan SEMrush, fitur Domain vs. Domain memudahkan Anda untuk membandingkan domain Anda dengan domain lain. Cukup pilih jenis kata kunci yang ingin Anda teliti, seperti kata kunci organik, dan Anda akan melihat perbandingan berdampingan dari situs-situs ini dengan kata kunci, posisi pada SERP, dan banyak lagi.

Dengan mengetahui bagaimana Anda menghadapi persaingan, Anda dapat mendorong pemasaran inbound dan strategi konten Anda untuk mengungguli merek lain.Ini membantu Anda memprioritaskan peluang untuk kata kunci tertentu yang Anda inginkan. 

3. Ikuti Daftar Periksa SEO On-Page
Dikenal sebagai SEO On Page, mengoptimalkan bagian-bagian tertentu dari halaman web Anda adalah kunci untuk meningkatkan peringkat halaman Anda. Fokus pada peningkatan SEO pada halaman Anda untuk elemen halaman termasuk:

Judul halaman

Deskripsi meta

Tag tajuk (H1, H2, H3, dll.)

URL

Pastikan Anda menggunakan kata kunci yang Anda pilih dalam aspek-aspek di atas dari halaman-halaman Anda yang paling tinggi untuk memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa konten Anda relevan dengan pencarian kata kunci ini.

Salah satu cara untuk menghindari tebakan dari mengoptimalkan on-page SEO adalah dengan menggunakan alat-alat seperti BrightEdge . Alat ini memberikan rekomendasi untuk menambahkan kata kunci di elemen halaman paling penting.

Anda juga dapat mengaturnya untuk memberi tahu Anda apakah kata kunci hilang dari judul halaman dan deskripsi meta dan bahkan mendapatkan saran untuk kata kunci mana yang digunakan.
Namun, terlepas dari semua optimasi pada halaman, elemen terpenting yang perlu difokuskan oleh setiap profesional SEO adalah memberikan konten informatif yang bernilai tinggi. 

4. Memberikan Konten Luar Biasa
Untuk sepenuhnya memahami dampak kualitas konten Anda pada upaya SEO Anda, mari kembali ke masa ketika Google pertama kali diluncurkan pada tahun 1998. Cofounders Larry Page dan Sergey Brin memulai dengan misi sederhana yang tetap menjadi pernyataan misi perusahaan hari ini, lebih dari dua dekade kemudian :
Misi kami adalah untuk   mengatur  dunia   informasi  dan berhasil  diakses secara universal dan  bermanfaat .
Baca Juga Cara Agar Blog Rame Pengunjung
Kata terakhir itu harus berlaku untuk setiap pencipta konten dan pemasar digital. Itu pada dasarnya prasyarat untuk konten Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi - itu perlu berguna dan relevan bagi pencari.

Inilah sebabnya mengapa riset persona pembeli dan riset kata kunci harus mengarahkan strategi konten Anda. Ketika Anda benar-benar memahami siapa audiens Anda dan konten apa yang mereka butuhkan, Anda diperlengkapi dengan baik untuk menghasilkan ide dan membuat konten yang ditargetkan, berwawasan luas, dan mendidik.

Berikut adalah beberapa praktik terbaik yang perlu diingat ketika Anda menghasilkan konten:
Berikan nilai lebih pada topik yang dibahas dan bawa perspektif unik Anda ke sana.

Buat untuk pencari , bukan mesin pencari.

Sertakan warna dan visual untuk memberikan pengalaman pengguna yang menarik (tetapi tidak terlalu mengganggu).

Tunjukkan kredibilitas Anda dengan memasukkan penelitian asli dan mengutip sumber penelitian lain, dan sertakan bio untuk menunjukkan kepada pembaca mengapa Anda seorang ahli.

Jika artikel dan video blog Anda luar biasa, maka audiens Anda akan memperhatikan, dan juga orang lain di industri Anda. Ini akan membantu Anda dengan strategi membangun tautan eksternal Anda. 
5. Bangun Backlink Eksternal
Tautan eksternal Anda   adalah faktor besar apakah peringkat halaman Anda di halaman pertama Google atau disembunyikan di bawah hasil pencarian pesaing Anda.Biasanya, halaman yang paling ditautkan oleh situs luar cenderung dilihat oleh mesin pencari sebagai yang paling relevan dan penting.
Untuk menentukan popularitas halaman Anda dengan jumlah tautan eksternal, daftar alat seperti Ahrefs, yang memberi Anda hasil untuk domain berdasarkan jumlah tautan ke situs Anda dan apakah situs-situs yang menautkan ke Anda itu resmi.
Tidak cukup untuk mendapatkan tautan terbanyak ke situs Anda. Situs Anda juga harus mendapatkan tautan situs yang dihormati dan memiliki otoritas tinggi di bidang atau ceruk mereka.
Jika spammy, situs-situs tidak jelas menautkan konten Anda, Anda tidak akan melihat peningkatan dalam ekuitas tautan, alias link juicy . Istilah ini mengacu pada nilai keseluruhan yang dilewatkan melalui hyperlink. Mesin pencari melihat tautan sebagai suara percaya diri, dan Anda menginginkan yang terbaik dari yang terbaik menunjukkan kepercayaan mereka kepada Anda sebagai sumber yang kredibel.
Ketika datang untuk mendapatkan backlink, Anda tidak ingin hanya duduk dan menunggu orang lain memperhatikan Anda.Jadilah proaktif dengan terlibat di media sosial dan menjangkau influencer.
Menggunakan Media Sosial
Anda tidak perlu memposting secara manual setiap artikel yang Anda buat. Di sinilah alat manajemen media sosial berguna.
Otomasi membuat hidup para profesional SEO lebih mudah. Untuk media sosial, mereka sering menjadwalkan posting sebelumnya untuk terus berada di radar pengikut mereka dan mengikuti keterlibatan.
Ada begitu banyak alat hebat yang dapat Anda gunakan untuk mengatur kalender media sosial Anda dan menyimpan catatan posting Anda yang diterbitkan dan tidak dipublikasikan.
Juga, tambahkan tombol berbagi di artikel blog Anda sehingga pembaca Anda dapat dengan cepat mendistribusikan konten Anda ke pengikut mereka. Salah satu cara terbaik untuk mendorong pembaca untuk berbagi adalah dengan membuat gambar yang dapat dibagikan dan disesuaikan.
Faktanya, sebagian besar gambar dengan kemungkinan besar akan dibagikan. Misalnya, menurut penelitian dari Buffer , tweet yang menampilkan gambar memiliki rasio klik-tayang 18% lebih tinggi daripada posting yang tidak memiliki gambar.
Dengan gambar yang tepat, Anda membuat konten pemasaran inbound Anda lebih layak, yang dapat meningkatkan jumlah pengikut Anda dan jumlah tautan eksternal ke situs Anda.

Tetapi Anda tidak harus menjadi desainer grafis untuk membuat pengikut Anda membagikan konten Anda. Gunakan program seperti Photoshop,   Canva ,   atau perangkat lunak desain grafis lainnya untuk membuat gambar seperti spanduk, foto media sosial, dan infografis.

Terhubung dengan Influencer
Perusahaan besar dan kecil dapat berpartisipasi dalam salah satu bentuk pemasaran masuk yang paling populer:  pemasaran influencer . Menggunakan influencer yang sudah mendapatkan kepercayaan atau rasa hormat dari ribuan atau jutaan pengikut untuk mempromosikan produk dan layanan dapat efektif bagi perusahaan yang ingin memperluas jangkauan mereka.
Namun, anggaran pemasaran Anda atau bentuk kompensasi lain yang Anda berikan kemungkinan akan memengaruhi jumlah atau popularitas influencer yang mempromosikan produk atau layanan Anda.
Baca Juga Cara Optimasi Blog Baru
Beberapa bintang media sosial, seperti yang ada di Instagram, dibayar jutaan per pos.Tetapi jika Anda tidak memiliki anggaran untuk influencer Instagram ini, Anda masih bisa mendapatkan perhatian dari akun media sosial profil tinggi lainnya dengan menawarkan produk atau layanan gratis dengan imbalan ulasan atau posting yang disponsori.

6. Tambahkan Tautan Balik Internal
Membangun tautan tidak hanya untuk sumber daya eksternal. Anda juga perlu menautkan situs web Anda sendiri. Misalnya, tautkan ke artikel blog lain yang Anda buat untuk memberi pembaca lebih banyak sumber daya untuk memeriksa topik lain yang relevan.

Cara terbaik untuk meningkatkan SEO Anda melalui tautan internal adalah dengan mengadopsi model cluster topik .
Seperti yang Anda lihat, model ini terdiri dari tiga elemen kunci:
Konten pilar - Ini disebut halaman pilar .Mereka membahas topik umum secara komprehensif.

Konten Cluster - Konten ini merupakan pusat subtopik yang termasuk dalam topik umum yang dicakup dalam halaman pilar.

Hyperlink - Ini menggabungkan konten cluster ke konten pilar. Ini memandu pembaca ke konten lain yang terkait dengan topik yang mereka baca, dan memberi tahu mesin pencari bahwa halaman pilar dan konten cluster memiliki hubungan semantik.

Alat strategi konten HubSpot membantu Anda memvisualisasikan strategi tautan internal Anda. Plus, ini memberi Anda saran topik berdasarkan relevansi, popularitas, dan kompetisi, sehingga Anda tidak akan pernah kehabisan konten klaster dan gagasan halaman pilar.

7. Ukur Kinerja SEO
Apakah strategi pemasaran Anda berfokus pada SEO on-halaman atau pemasaran media sosial , platform analisis SEO adalah suatu keharusan untuk melacak kinerja dan hasil strategi Anda .

Platform analitik SEO gratis namun komprehensif yang bahkan pemula dapat gunakan adalah Google Analytics.
Alat ini memecah fitur ke dalam kategori seperti perilaku dan akuisisi untuk memahami dari mana lalu lintas Anda berasal, jumlah lalu lintas yang Anda terima dan halaman mana yang paling populer.Misalnya, di bawah Akuisisi, Anda dapat melihat jumlah kunjungan dari sumber organik seperti halaman hasil mesin pencari, jaringan media sosial, atau sumber lainnya.

Ketika Anda menjelajahi semua fitur platform analitik SEO yang ditawarkan, Anda dapat memantau tren utama dalam kunjungan lalu lintas. Plus, Anda dapat mengidentifikasi halaman mana yang paling menarik lalu lintas sehingga Anda dapat memperbaiki strategi pemasaran inbound Anda dan berkonsentrasi pada halaman dengan pendapatan tertinggi dan mengemudi Anda.

8. Manfaatkan Konten Anda sebaik-baiknya
Anda menaruh banyak kerja dan waktu untuk membuat konten. Mengapa tidak mendapatkan nilai sebanyak yang Anda bisa dari setiap bagian?

Ada beberapa cara sederhana untuk menggunakan kembali konten yang ada . Ini melibatkan Anda mengambil karya yang diterbitkan dan mengubahnya dengan cara untuk melayani tujuan lain.
Misalnya, artikel daftar Anda tentang statistik mengejutkan tentang industri Anda dapat dirancang menjadi infografis yang menarik.Dan Anda bahkan dapat mendistribusikan gambar untuk setiap stat yang terdaftar di sosial untuk memperluas jangkauan Anda dan mendapatkan tautan kembali ke situs Anda.

Cara hebat lain untuk mendapatkan nilai SEO terbanyak dari konten Anda adalah dengan mengoptimalkan artikel blog Anda secara historis . Ini mengharuskan Anda untuk menemukan artikel dengan kinerja terbaik, memperbarui konten untuk membuat perbaikan yang nyata (seperti menambahkan kiat baru atau penelitian terbaru), dan membatalkan publikasi dan menerbitkan kembali artikel.

Pada akhirnya, tujuan utama dari optimasi historis adalah untuk memastikan artikel Anda yang ada adalah yang paling akurat dan komprehensif. Audiens Anda akan memperhatikan ketekunan Anda dalam mempertahankan kualitas tinggi. 

9. Terus Belajar
Akhirnya, tips terakhir yang harus diikuti oleh pemula SEO pada tahun 2019 - Tetap fokus pada pendidikan Anda.

Cara terbaik untuk meningkatkan SEO Anda dan memberikan hasil nyata adalah dengan tetap tahu tentang semua hal SEO. Semakin banyak Anda membaca dan belajar tentang SEO, semakin dekat Anda untuk mendapatkan status pakar Anda.
Berlangganan ke blog, ambil kursus online, libatkan dalam grup dan komunitas online , dan bergabunglah dengan organisasi profesional. Intinya: Dedikasikan waktu Anda untuk menguasai SEO dalam praktik dan belajar sebanyak mungkin dari pakar SEO tepercaya.

Segera Lakukan, Gelar pakar SEO itu akan menjadi Anda.

Baca Juga

0 Response to "Tips dan Trik SEO untuk Pemula Agar Di Halam Pertama Mesin Pencari"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.